Bertanya pada BPLS (jebolnya tanggul lumpur#lapindo)

Tanggul lumpur lapindo sebelah timur tepatnya yang berada di desa gempolsari di titik 79-80  ambrol sepanjang 100 meter,akibatnya air menggenangi gempolsari , sentul dan glagaharum.

Alasan disampaikan oleh BPLS cq wakil HUMAS bapel- BPLS  : bahwa jebolnya tanggul di daerah gempolsari adalah karena fenomena subsidience (penurunan permukaan tanah) sehingga terjadi overtoping alias meluap airnya….

untuk mendapatkan gambaran lebih detil apa yang sebenarnya terjadi patutlah kita bertanya pada BPLS berkaitan situasi di lapangan sebenarnya:

1. berapa elevated / ketinggian air di permukaan kolam lumpur sebelum jebolnya Tanggul khususnya tinggal berapa meter permukaaan air terhadap bibir tanggul di desa gempolsari (timur) dan berapa di tanggul siring, ketapang (barat) ?

2. Apakah kualitas tanggul (kapasitas/kekuatan) tiap titik di kolam lumpur sama? antara tanggul sebelah barat (siring,ketapang) dengan sebelah timur (gempolsari,glagah arum,reno)

3. Tahukah anda bahwa sekarang musim hujan dalam situasi iklim ANOMALI ?seberapa jauh curah hujan yang mungkin terjadi dan kapasitas kolam akan penuh ?

4. Apakah peta DEFORMASI GEOLOGI tidak bisa dijadikan acuan dalam usaha mengurangi resiko bencana? Crack yg berdampak subsidience (penurunan ) dan uplift (naik) permukaan tanah dimana saja titik sebarannya?

5. ingatkah BPLS bahwa Tujuan strategisnya adalah terlindunginya warga dari bencana geologi?dengan ukuran kinerja pengurangan dampak fenomena Geologi, indikatornya adalah

A. Terlaksananya prinsip pola pengaliran luapan lumpur ke Kali Porong.

B. Cepatnya antisipasi dampak fenomena geologi dan penanganannya.

6. Adakah informasi dan sosialisasi ke warga sekitar kawasan tanggul  tentang kapasitas bencana yang bisa terjadi dilakukan ?

7. Adakah informasi dan sosialisasi  ke warga sekitar kawasan tanggul bagaimana caranya menghadapi situasi kebencanaan?

8. penutup, Kenapa BPLS berencana dan berusaha  membebaskan di desa gempolsari tanah sawah seluas 30 ha?

Jawaban jawaban terhadap pertanyaan tersebut akan memberikan gambaran seutuhnya apa yang sebenarnya terjadi pada jebolnya tanggul di desa gempolsari,kemarin sore….

wassalam

jaringan mitigasi nahdliyin

JAMIN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: