Lapindo Segera Ngebor Kalidawir (radar sby 5/5/11)

Pastikan Aman bagi
Warga Setempat
TANGGULANGIN – Lapindo Brantas Inc (LBI) masih ngotot untuk meneruskan rencana eksplorasi di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin. Eksplorasi berupa pendalaman di empat sumur gas dan satu minyak tersebut akan disosialisasikan kepada warga setempat dalam waktu dekat. LBI ingin meyakinkan bahwa eksplorasi yang dilakukan tersebut aman.
Area Manager LBI Taryono mengatakan, divisi geologi LBI yang sebelumnya telah melakukan survei terhadap kawasan sekitar eksplorasi menyatakan bahwa kawasan tersebut tidak memiliki korelasi dengan lumpur yang saat ini sedang menyembur di Porong. “Kita akan sosialisasikan
kepada warga bahwa eksplorasi kita aman,” tandasnya kemarin (4/3).
Taryono mengungkapkan, jika kawasan Kalidawir mempunyai hubungan dengan semburan lumpur di Porong, maka lima sumur yang ada saat ini pastilah sudah menyemburkan lumpur. Sementara, pendalaman yang dilakukan LBI tidak dengan mengebor sumur kembali.

Lima sumur yang saat ini telah mempunyai kedalaman 1.100 meter tersebut hanya akan dioptimalkan kembali. “Kita hanya akan menguras sumur kembali agar hasilnya lebih banyak,” jelasnya.
Ekstrenal Relation Super Intenden LBI Anita Arianti menambahkan,sosialisasi kepada masyarakat setempat memang harus dilakukan seiring akan diteruskannya program eksplorasi
terhadap lima sumur di Kalidawir. Pasalnya, selama ini LBI yang bekerjasama dengan BP Migas menyediakan gas kota dan gas desa. Gas kota untuk wilayah Surabaya sedangkan gas desa untuk kawasan Tanggulangin.
“Saat ini kami masih mengasilkan 0,3 mm itu untuk tiga ribu rumah tangga, padahal target kami 3 mm untuk 21 ribu rumah tangga,” sebutnya.
Saat ini produksi gas dari lima sumur di Desa Kalidawir mencapai 5 mm atau 5 juta kaki kubik per hari. Ditargetkan, dalam eksplorasi yang akan dilakukan hasilnya meningkat jadi 10 mm atau 10 juta kaku kubik per hari. “Pengoptimalan memang harus dilakukan,” katanya.
Terkait masalah perijinan, ujar Anita, LBI tidak akan memperpanjangnya.
Sebab eksplorasi yang dilakukan adalah tindak lanjut dari pengeboran yang dilakukan sebelumnya dan tidak memperluas wilayah. Menurutnya, LBI menggunakan izin Usaha
Kelola Lingkungan (UKL) dan Usaha Pemantauan Lingkngan (UPL).
Produksi gas yang dihasilkan dari pengeboran tersebut di bawah 30 mm atau 30 kaki kubik perhari. “Sedangkan untuk perijinan amdal dilakukan bila produksinya di atas 30 mm,” ucapnya.
Media Relation LBI Diaz Roychan mengungkapkan, para pekerja di sumur pengeboran Desa Kalidawir adalah warga setempat.
Jadi, selain hasil dari eksplorasi tersebut untuk warga sendiri, para pekerja yang berada di lapangan pengeboran adalah warga setempat juga. “Kita menghasilkan gas juga untuk dikonsumsi masyarakat sendiri,” imbuhnya.
Karena itu, warga mengerti tentang mekanisme pendalaman sumur di Desa Kalidawir. “Kita akan sosialisasikan secara penuh kepada warga setempat agar memahaminya,” jelasnya.
Dia memahami jika sebagaian warga masih trauma dengan peristiwa semburan
lumpur di Porong. Namun, kajian yang dilakukan oleh para ahli termasuk divisi geologi LBI telah menyatakan bahwa Kalidawir aman.
“Proses ganti rugi pada warga juga sedang dilakukan oleh LBI melalui PT Minarak Lapindo Jaya,” tandasnya.
Ketua Pansus Lumpur DPRD Sidoarjo Zainul Lutfi mengatakan, LBI harus menjelaskan mekanisme eksplorasi yang jelas kepada warga. “Penjelasan ekplorasi tersebut aman untuk siapa,” tukasnya. LBI harus dapat memberikan garansi kepada warga jika eksplorasi tersebut aman.
Zainul menambahkan, permasalahan semburan Porong yang saat ini masih belum selesai menimbulkan dampak psikologis terhadap warga.
Saat ini warga masih trauma dengan LBI dan MLJ dalam menangani dampak sosial semburan lumpur.
Menurutnya, Pemkab Sidoarjo juga harus tegas terhadap eksplorasi yang dilakukan oleg LBI. Pada 2010 saja, PAD yang dihasilkan dari LBI hanya Rp 182 juta. “Hasilnya minim untuk
keuntungan Sidoarjo,” ujar politisi asal PAN ini. (vga) sumber :radar surabaya hal 17dan18

One Comment to “Lapindo Segera Ngebor Kalidawir (radar sby 5/5/11)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: