Gunung Lumpur Sukodono Mirip Porong (radar sby,4 juni)


SIDOARJO – Survei mulai dilakukanoleh tim Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) di kawasan Sukodono yang diindikasikan terdapat gunung lumpur. Tim BPLS juga telah meneliti dugaan adanya gunung lumpur tersebut di bekas Gunung Kweni di wilayah Sukodono.

Kepala Bidang Operasi BPLS, M Sofyan Hadi, mengakui bahwa tim BPLS telah mengambil sampel tanah di kawasan Gunung Kweni tersebut. Menurutnya, dari hasil sementara, memang terungkap bahwa ada kemiripan karakter tanah antara tanah di kawasan Gunung Kweni Sukodono,

Meski demikian, penelitian masih akan dilakukan lebih dalam untuk mengetahui karakter tanah tersebut. Sejauh ini, katanya, BPLS masih mendalami adanya dugaan fenomena gunung lumpur yang ada di Sukodono. ‘’Kita akan pastikan lebih jauh.’Jika perlu, akan kita datangkan ahli geologi untuk memastikan dugaan adanya gunung lumpur itu,’’ tandasnya.

Dari fenomena gunung lumpur yang ada di Jawa Timur, terdapat sebuah garis yang menghubungkan antara beberapa gunung lumpur yanga ada. Diantaranya, pusat semburan lumpur Lapindo dan Denanyar di selatan Gununganyar, Kalanganyar, dan Pengangson, Krian, di sebelah utara. Serta garis yang membentang antara semburan lumpur Lapindo, Kalanganyar, dan Gununganyar, di sebelah timur.

Seperti diketahui, dugaan adanya gunung lumpur di kawasan Sukodono membuat beberapa warga Sukodono resah. Selama ini, gunung yang dulu dikenal oleh masyarakat dengan Gunung Kweni di Sukodono itu sudah rata dengan tanah. Malah, bekas gunung yang kini sudah rata itu dibangun Puskesmas Sukodono,gudang Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, dan komplek rumah toko dan perumahan. BPLS mengungkapkan, selain Sedati dan Porong, dari data satelit, wilayah yang diduga merupakan potensial gunung api lumpur di Sukodono bahkan mencapai satu hektar. Data tersebut mengungkapkan bahwa ada gundukan setinggi 3-4 meter dari kondisi normal. (vga)

 

 


		

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: